on Rabu, 27 Juni 2012

Horas to my huta

Horas to my huta

Kata kunci dalam memahami menangkap ikan dengan Gillnet adalah
"Menjebak Ikan untuk Dijerat"

Karena "Menjebak"
Alat penjebak harus tidak kelihatan, kalau kelihatan ikannya akan cari jalan lain..hehe..(ikan sekarang sudah pinter-pinter,sudah pada belajar ke China). Jadi supaya ikannya terjebak, pasanglah gillnet sedikit memotong alur ruaya ikan. Jangan frontal tapi 45 derajat ke arah kanan atau kiri., dan gunakanlah bahan webbing yang tidak kelihatan yang transparan misalnya (Polyamide monofilament) atau orang awam mengatakannya "Senar" (saya sendiri belum pernah nanya sama ikan apakah senar tidak kelihatan oleh ikan).

Agar dapat "Menjerat"
Supaya ikannya terjerat pilihlah bahan webbing yang teksturnya bulat, padat, kenyal dan licin (semua terpenuhi oleh PA mono), “mirip kalau bangun pagi ??!!!”. Elastis tapi memiliki breaking strength yang besar  Selain itu bentuk bukaan atas (height opening) dan bukaan samping mata jaring  (horisontal opening) --- ada juga yang mengatakan mesh opening, harus semirip mungkin dengan bentuk ikan pada potongan melintang di bagian overcula ikan, baik ke arah tinggi maupun lebarnya.  Kalau mau menangkap ikan Tenggiri misalnya bentuklah bukaan mata jaring yang memiliki ukuran tinggi>lebar (pipih). Jika akan menangkap ikan yang bentuknya bulat seperti tongkol misalnya.  Bentuklah bukaan mata jaring mirip belah ketupat. Dan jika hendak menangkap ikan yang gepeng (ikan sebelah misalnya) maka bentuklah bukaan mata jaring mirip “gepeng” dimana lebar>tinggi.

Ukuran Mata Jaring "Mesh Size"
Ukuran mata jaring ditentukan oleh keliling (circumference) ikan di bagian overcula.  Cara mengukurnya mudah yaitu menggunakan benang.  Nah,  sesekali minta sama ibu, seekor ikan, lalu potong melintang di bagian dimana ikan akan terjerat, lingkari dengan benang. Kemudian benang dibagi dua, maka ukuran benang tersebut itu menjadi ukuran mata jaring insang.

Bukaan Mata Jaring (Mesh Opening)
Jadi bentuk bukaan mata jaring ditentukan oleh bentuk ikan.  Bentuk ikan ini akan menentukan rasio hang-in atau hanging, dan setengah keliling potongan melintang di overcula adalah ukuran mata jaring.

Frame dan Distribusi Hang-in rasio
Asumsinya, ikan harus terjerat di semua mata jaring.  Dengan kata lain, mata jaring harus terbuka sama lebar di seluruh permukaan webbing.  Agar mata jaring terbuka sama lebar, maka istribusi hang-in ratio harus tersebar merata sepanjang ris atas (float line) dan distribusi berat tersebar merata sepanjang ris bawah.  Selain itu webbing harus terpasang pada empat buah frame. Satu di atas disebut dengan float line, satu di bawah disebut dengan ris bawah (sinker line) dan dua di sisi kiri dan kanan yang disebut dengan ris samping (side line).  Bayangkan seperti net volley atau badminton.

Rasio Total Daya Apung terhadap  Total Daya Tenggelam
Jika akan membuat gillnet hanyut permukaan (drift gillnet), maka total daya apung harus lebih besar dari total daya tenggelam (polyamide tenggelam loh),  karena PA memiliki spesific gravity 1,14 lebih besar dari rata-rata spesific gravity air laut (1,028).  Demikian juga sebaliknya untuk gillnet dasar (Fix gillnet).  Gillnet dasar rata-rata menggunakan jangkar, kalau enggak entar jadi selimut karang, nyangkut, putus dan jadilah “Ghost Fishing”.

Bahan bacaan
Sebagai bahan bacaan adalah Theory and Design for Fishing Gear karangannya A.L.Fridman (embahnya teori alat penangkap ikan) bahasanya inggriiiiiiiiis bener, padahal beliau Sang Founder adalah orang Yahudi yang “diselamatkan” oleh orang Rusia.  Buku yang sama dikembangkan dan diperbaiki oleh Carother dengan judul Theory and Design for Commersial Fising Gear, bahasanya mudah dipahami.   Buku Carother ini pernah pula diterjemahkan oleh BPPI Semarang, coba saja hubungi, siapa tahu anda diberi gratis.

Horas to my huta

 Di sada tingki di manogot-nogot di ruang perkuliahan di sada kampus, tagoari ma jo Universitas Hadatuaon. Kuliah biologi do nasida, tentang teori evolusi. I ma taringot tu teori pencipta tarsongon nidok ni Laetta si Charles Darwin.
Andorang so masuk nasida tu mata kuliah manghata-hatai ma nasida, disungkun dosenna (Sahalak Profesor) on ma angka ianakhonna parkuliah (mahasiswa) i.
Prof: "Ai tutu do Tuhan manompa saluhut?"
Togar ( Mahasiswa ) : "Tutu... Tutu do i Amang, Tuhan do sitompa saluhut nasa naadong."
"Tuhan manompa i sude?" disungkun Prof sahalinari.
"Ba tutu Amang," ninna si Togar ondeng.
Prof: "Molo Tuhan do manoppa saluhut, attong Tuhan do manoppa hajahaton."
Hohom ma si Togar jala hasusaan mangalusi hipotesis ni Prof i.
Di nahohom i si Togar, manghuling ma si Tiur sian pudi tardingkan holip harosina sian jolo ni Prof i.
"Prof, boi do ahu manungkun Amang?"
"Nauli," alus ni si Prof.
Tiur : "Prof, adong do nangali i Amang?"
"Ai sungkun-sungkun begu aha do i? Adong ma attong nangali dah."
Ninna si Tiur ma, "Sasintongna Prof, nangai i ndang adong. Didok hukum fisika, natargoar/tadok ngali i ma hasoadongon/parmago ni namohop.
Suhu-460F i ma parmago ni namohp jalasude partikel gabe hohom dohot laos so adong be naboi bereaksi di suhu i.
Ai natatoppa do hata ngali laho manghatahon manang manggombarhon hamamago ni namohop".
Ditorushon si Tiur muse...
"Prof, adong do naholom?"
Dialusi Prof , "Pasti do adong i."
Ninna si Tiur, "Sahalinari Amang Prof ndang tingkos. Golap i pe ndang adong. Golap i ma partingkian molo so adong be hatiuron manang cahaya. Cahaya boi taparsiajari, ianggo golap ndang kan. :)
Boi do tapangke prisma Newton laho mamossahon cahaya gabe manang piga-piga warna laos taparsiajari sadia angka ganjang ni gelombang ganup warna. Alai anggo ganjang ni golap do sotarungkur. Sasia golap pe sada ruangan boi do diukur sadia godang intensitas cahaya di ruangan i. Ai golap (hagolapon) dipakke jolma manggombarhon dihasoadongon/parmago ni hatiuron/cahaya."
Dunghon i disungkun si Tiur ma sahalinari,
"Prof, adong do hajaton i?"
Gabe tarsongon namardua ma Prof i mangalusi, "Adong do ra!"
Dialusi si Tiur ma, "Sahalinari Amang salah. Hajahaton NDANG ADONG. Hajahaton i, i ma partingkian hasoadongon ni Tuhan di ngolu ni sasahalk jolma.
Tarsongon ngali dohot golap ondeng, hajahaton i ma "hata" nadipakke jolma manisia laho mandok/manghatahon manang manggombarhon hasoadongon ni Tuhan di ngolu ni manisia. Ndang hea ditoppa Tuhan hajahaton.
Hajahaton ima ula-ula ni jolma massoadahon Tuhan di roha dohot parngoluonna." Gabe laos hohom ma Profesor i...
(Tiur = Albert Einstein) => "Relativity is about all but not for God"

Horas ma di hita saluhutna, di doangan tubu angka apparaniba dohot nang ibotoniba. Sambil mangula siulaonta be, huhut taingot manggohi rura nasohagohan sisajongkal i ate.

Horas to my huta

Horas to my huta

Cukupkah 100% saja dalam hidupmu?

Tau kah saudara :

1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321

1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 + 10 = 1111111111

9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888

Hebatkan?
Coba lihat simetri ini :

1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 123456789876543 21

kurang hebat,,,,
Sekarang lihat ini

Jika 101% dilihat dari sudut pandangan Matematika, apakah ia sama dengan 100%, atau ia LEBIH dari 100%?

Kita selalu mendengar orang berkata dia bisa memberi lebih dari 100%, atau kita selalu dalam situasi dimana seseorang ingin kita memberi 100% sepenuhnya.

Bagaimana bila ingin mencapai 101%?
Apakah nilai 100% dalam hidup?
Mungkin sedikit formula matematika dibawah ini dapat membantu memberi
jawabannya.

Jika ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ

Disamakan sebagai 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26

Maka, kata KERJA KERAS bernilai :
11 + 5 + 18 + 10 + 1 + 11 + 5 + 18 + 19 + 1 = 99%

H-A-R-D-W-O-R-K
8 + 1 + 18 + 4 + 23 + !5 + 18 + 11 = 99%

K-N-O-W-L-E-D-G -E
11 + 14 + 15 + 23 + 12 + 5 + 4 + 7 + 5 = 96%

SKILL
19 + 11 + 9+ 12 + 12 = 63

ACTION
1 + 3+ 20+ 9+ 15+ 14 = 62

A-T-T-I-T-U-D-E
1 + 20 + 20 + 9 + 20 + 21 + 4 + 5 = 100%

Sikap diri atau ATTITUDE adalah perkara utama untuk mencapai 100% dalam hidup kita. Jika kita kerja keras sekalipun tapi tidak ada ATTITUDE yang positif didalam diri, kita masih belum mencapai 100%.

Tapi, LOVE OF GOD
12 + 15 + 22 + 5 + 15 + 6 + 7 + 15 + 4 = 101%





Kira-kira dah dapatkan perbedaannya kawan!!!